Pesona Hoyak Tabuik Pariaman Usai, Perputaran Uang Capai Puluhan Miliar

| Kamis, 25/07/2024 22:31 WIB
Pesona Hoyak Tabuik Pariaman Usai, Perputaran Uang Capai Puluhan Miliar Festival Budaya Tabuik di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: IG @ayokepariaman)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menyebut perputaran uang saat puncak Tabuik pada Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024 yang dilaksanakan pada Minggu (21/7) mencapai Rp40 miliar.

"Setelah kami hitung kunjungan wisatawan mencapai 325.201 orang, diperkirakan rata-rata uang yang dikeluarkan oleh masing-masing wisatawan Rp125 ribu," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Kamis, 25 Juli 2024.

Ia mengatakan, melihat besarnya perputaran uang karena Tabuik maka kegiatan wisata tahunan tersebut berdampak besar pada peningkatan perekonomian masyarakat khususnya pedagang. Apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan selama 14 hari mulai dari 7 sampai 21 Juli dengan berbagai kegiatan baik dari prosesi Tabuik maupun kegiatan pendukung.

Ia menjelaskan penghitungan jumlah wisatawan pada puncak Tabuik tersebut dilakukan dengan cara menghitung banyak orang di setiap satu meter lalu dikalikan dengan luas wilayah Pantai Gandoriah yang menjadi lokasi kegiatan.

Hal tersebut dilakukan karena lokasi objek wisata memiliki banyak pintu masuk serta tidak diterapkannya tiket masuk sehingga tidak dapat dilakukan penghitungan untuk mendapatkan hasil yang akurat. 

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menginginkan event Pesona Hoyak Tabuik Piaman yang diselenggarakan Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), ikut berkontribusi menembus target Indonesia mendatangkan 1,5 miliar wisatawan nusantara pada 2024.

"Kemenparekraf sangat mendukung event Pesona Hoyak Tabuik ini dalam rangka untuk mencapai target 1,5 miliar wisatawan nusantara," kata Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Kemenparekraf Oni Yulfian, di Pariaman.

Tags : Pesona Hoyak Tabuik , Pariaman , Pariwisata , Pendapatan

Berita Terkait