Harapan Menparekraf Usai Inodnesia Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia

| Senin, 10/06/2024 13:35 WIB
Harapan Menparekraf Usai Inodnesia Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia Sandiaga Uno (Menparekraf RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, Indonesia kini menempati peringkat 1 sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia. 

"Kita sekarang nomor 1 untuk peringkat global muslim travel Sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia," ujar Sandi seperti dikutip dari okezone, Senin, 10 Juni 2024.

Sandi menyampaikan, pihaknya kini tengah menjajaki kerja sama pariwisata dengan kerajaan Arab Saudi. Terlebih di musim haji 2024, sebab menurutnya masyarakat Arab banyak yang berlibur ke Indonesia. 

Sebagai informasi tahun ini Indonesia mendapat 241.000 kuota terdiri atas 213.320 jemaah haji regular dan 27.684 jemaaah haji khusus. Jamaah haji reguler terbagi dalam 554 kelompok terbang yang akan diberangkatkan secara bertahap dalam 2 gelombang.

Dirinya  berharap kekosongan tersebut dapat diisi dengan mendatangkan warga Arab Saudi ke Tanah Air untuk berlibur ke Indonesia.

"Kami sedang menjajaki kerja sama untuk juga mengisi kursi-kursi yang kosong yang jamaah haji (Indonesia) berangkat ke sana. Karena masyarakat Saudi banyak yang berlibur saat musim haji jadi kerja sama ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan tahun-tahun ke depan," tutur Sandi.

"Kita ingin di atas 100.000 tahun ini, karena 241.000 jamaah Indonesia di sana paling tidak setengahnya bisa terisi dan meningkatkan kunjungan wisata dari Saudi ke Indonesia," tambahnya.

Tags : Menparekraf , Indonesia , Wisata Halal , Arab Saudi , Haji