Cegah Pembajakan Data Pribadi, Coba Gunakan Langkah Ini

| Selasa, 15/10/2024 21:32 WIB
Cegah Pembajakan Data Pribadi, Coba Gunakan Langkah Ini Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang memberikan tips melindungi data pribadi bagi masyarakat Kota Tangerang. Hal ini dilakukan agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Mari masyarakat Kota Tangerang, selalu jaga data diri Anda semua. Jangan sampai data yang sensitif dibajak dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti dalam rilisnya, Selasa, 15 Oktober 2024.

Pertama, kata Indri, buatlah password yang tidak mudah ditebak dan jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun. Kedua, aktifkan fitur autentikasi dua faktor setiap kali memungkinkan.

“Dengan cara ini, Anda akan membutuhkan kode tambahan yang dikirim ke perangkat lain untuk mengakses akun, memberikan perlindungan tambahan,” jelasnya.

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk tidak mengklik link tidak dikenal. Misalnya link yang menjanjikan sesuatu terutama dari sumber yang tidak dikenal. Lalu, hati-hati dengan jaringan WiFi umum.

“Hindari mengakses atau mentransfer data sensitif melalui jaringan WiFi umum, seperti di tempat umum atau kafe. Jaringan-jaringan tersebut rentan terhadap serangan dan penyalahgunaan data,” tambahnya.

Tak lupa, untuk menjaga data adalah memperbaharui perangkat lunak secara berkala dan juga hapus data yang tidak perlu.

“Rutin hapus data yang tidak lagi diperlukan, seperti file-file yang sudah tidak digunakan atau pesan yang sudah tidak relevan. Hal ini membantu mengurangi risiko kebocoran data jika perangkat terkena malware atau hilang,” imbuhnya.

Tags : Data Pribadi , Teknologi , Digital

Video Terkait