Hacker Brain Cipher Soal Data PDNS: Sangat Mudah Dibobol

| Kamis, 04/07/2024 20:35 WIB
Hacker Brain Cipher Soal Data PDNS: Sangat Mudah Dibobol Hacker (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pada Selasa 2 Juli 2024, Geng Hacker yang menamai dirinya Brain memutuskan untuk memberi kunci enkripsi secara cuma-cuma kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Mulanya geng hacker yang diduga berbasis di Eropa Timur ini meminta tebusan sebesar Rp 131 miliar terkait usaha peretasan ke PDNS 2 ini.

Kelompok itu juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia atas gangguan yang terjadi di PDNS 2. Dalam keterangan tertulisnya, kelompok peretas ini menjelaskan alasan menyerang PDNS 2.

Mereka menyebut pusat data adalah industri berteknologi tinggi yang mestinya didukung investasi besar. Sehingga, kelompok ini ingin mendapatkan uang dengan meretas pusat data. Brain Cipher mengaku memutuskan memberi kunci enkripsi usai pemerintah dinilai menolak berunding.

“Dalam kasus ini, serangan sangat mudah dilakukan, kami hanya butuh sedikit waktu untuk membuka data dan mengenkripsi beberapa ribu terabyte berisi informasi,” demikian keterangan Brain Cipher.

 

Tags : Brain chiper , PDN , Hacker

Video Terkait