MotoGP 2024: Joan Mir Akui Kariernya Jatuh Usai Pilih Gabung Honda

| Senin, 14/10/2024 19:27 WIB
MotoGP 2024: Joan Mir Akui Kariernya Jatuh Usai Pilih Gabung Honda Joan Mir (Pembalap tim Repsol Honda). (Foto: MotoGP)

RADARBANGSA.COM - Pembalap Joan Mir mengungkapkan kariernya jatuh saat memilih gabung dengan Repsol Honda pada MotoGP 2023 lalu. Namun, Mir yakin comeback-nya akan sangat hebat suatu hari nanti.

Pembalap asal Spanyol itu pernah meraih juara dunia MotoGP 2020 bersama Suzuki Ecstar. Balapan di saat COVID-19 menyebabkan banyak orang tidak mengingat dirinya pernah meraih juara dunia MotoGP.

Setelah Suzuki cabut dari MotoGP pada akhir musim 2022, Mir melanjutkan kariernya bersama Honda. Namun, musim debutnya pada 2023 lalu tak berjalan indah karena hanya mampu menorehkan 26 poin saja dan berakhir di posisi ke-22 klasemen.

Keterpurukan Mir berlanjut di MotoGP 2024. Sampai empat seri tersisa, pembalap asal Spanyol itu duduk di posisi 20 dengan koleksi 20 poin saja karena performa motornya tak kunjung meningkat. 

Mir pun merasa frustasi karena tak kunjung ada peningkatan pada motornya. Ia merasa motor Suzuki dan Honda yang sangat berbeda menjadi sulit untuk dipahaminya.

"Saya tidak pernah membawa pulang masalah balap, tapi tahun lalu saya nyaris melakukannya. Proses asimilasi dari tempat saya berada ke tempat saya berada saat ini sangat menyusahkan," kata Mir, dikutip dari Motosan, Senin, 14 Oktober 2024. 

"Dan sangat sulit bagi saya untuk memahaminya dan, yang terpenting, untuk mengasimilasi situasinya," tambahnya. 

Mir mengakui kariernya terjun bebas bersama Honda. Namun, ia tetap ingin bertahan karena menurutnya bakal sangat brutal jika pada akhirnya bisa membuat kebangkitan dengan tim berlogo sayap emas itu. 

"Karier saya jatuh ketika saya datang ke sini di Honda. Alasan mengapa saya bertahan dan menandatangani kontrak lagi adalah karena terkadang saya memvisualisasikan fakta untuk membalikkan keadaan dan akan sangat brutal jika bisa melakukannya," pungkasnya.

Tags : MotoGP 2024 , Joan Mir , Repsol Honda , Karier