Tambah Medali Emas untuk Indonesia, Rizki Juniansyah Cetak Rekor di Olimpiade Paris

| Jum'at, 09/08/2024 17:10 WIB
Tambah Medali Emas untuk Indonesia, Rizki Juniansyah Cetak Rekor di Olimpiade Paris Rizki Juniansyah berhasil merebut medali emas cabor angkat besi di Olimpiade Paris 2024, Jumat (9/8) dini hari WIB. (Foto: Tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Indonesia kembali menambah perolehan medali emas di Olimpiade Paris 2024. Usai cabang olahraga (Cabor) panjat tebing menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia, malam harinya atau Jumat, 9 Agustus 2024 dini hari WIB, kontingen Indonesia kembali menambah medali emas dari cabor angkat besi putra.

Rizki Juniansyah berhasil menyabet medali emas kelas 73 Kg yang berlangsung di South Paris Arena 6, Prancis. Lifter berusia 21 tahun itu menyelesaikan laga dengan total angkatan seberat 354 kg berupa angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean & jerk 199 kg.

Rizki berhasil menyelesaikan angkatan snatch pada percobaan kedua dengan angkatan 155 kg setelah sebelumnya gagal pada percobaan pertama. Ia kemudian menambah beban menjadi 162 kg pada percobaan ketiga namun gagal diselesaikan.

Pada angkatan snatch, Rizki bersama lifter Kolombia Mosquera Luis yang juga berhasil dengan angkatan 155 kg berada di posisi kedua, di bawah lifter China Shi Zhiyong yang mencatatkan beban angkatan165 kg pada percobaan kedua.

Lifter asal Negeri Tirai Bambu itu mencoba memecahkan rekor angkatan snatch Olimpiade dengan menambah beban menjadi 168 kg namun masih gagal pada percobaan ketiga. Tertinggal 10 poin, Rizki kemudian mencoba mengejar pada angkatan clean and & jerk.

Pada percobaan pertama Rizki berhasil mengangkat beban seberat 191 kg. Rizki kemudian menambah beban menjadi 199 kg pada percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang.

Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean & jerk Olimpiade.

Tags : Olimpiade Paris 2024 , Medali Emas , Rizki Juniansyah

Berita Terkait