Tingkatkan SDM, Pemerintah Terus Perkuat Peran LPKS

| Kamis, 17/10/2024 18:15 WIB
Tingkatkan SDM, Pemerintah Terus Perkuat Peran LPKS Gedung Kemnaker (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat peran Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) dalam upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“LPKS juga memiliki peran krusial dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja Indonesia," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Agung Nur Rohmad dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 17 Oktober 2024.

Untuk meningkatakan daya saing, kata Agung, LPKS harus beroperasi secara profesional, berkualitas, dan kredibel, memiliki program pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri, memiliki instruktur yang kompeten, serta didukung sarana dan prasarana pelatihan yang memadai dan sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Lebih lanjut, Agung mengungkapkan, pada tahun 2024, pemerintah telah memfasilitasi 1.040 program pelatihan yang terakreditasi di LPKS, dengan 530 program didanai oleh APBN dan 510 program menggunakan dana Dekonsentrasi. Bahkan, Pemrintah telah menyalurkan  bantuan peralatan sebanyak 50 paket kepada 50 LPKS di berbagai daerah.

“Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelatihan dengan memperkuat sarana dan prasarana, sehingga peserta mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik untuk mendukung kesiapan mereka di dunia kerja,” ungkap Agung.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan