KPU RI Sebut Distribusi Surat Suara Nasional untuk Pilkada 2024 Capai 50 Persen

| Kamis, 17/10/2024 15:37 WIB
KPU RI Sebut Distribusi Surat Suara Nasional untuk Pilkada 2024 Capai 50 Persen Mochammad Afifuddin (Ketua KPU RI). (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mulai menyalurkan surat suara ke berbagai wilayah di Indonesia jelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Ketua KPU RI, Mochamad Afifudin mengatakan distribusi surat suara nasional sudah mencapai 50 persen.

"Kalau distribusi sudah di atas 50 persen dan ini sudah sesuai dari waktu yang ditargetkan," ujarnya usai berkunjung ke salah satu pabrik percetakan surat suara di kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 17 Oktober 2024.

Ia mengungkapkan, distribusi surat suara sudah dilakukan beberapa hari lalu oleh pabrik percetakan di Indonesia yang telah ditunjuk KPU untuk memproduksi surat suara Pilkada. Afif menuturkan, untuk percetakan surat suara di sejumlah pabrik seperti di Kota Surabaya dan Kabupaten Pasuruan, juga sudah berjalan di atas 60-70 persen. 

Bahkan, lanjutnya, pengiriman surat suara ke wilayah terluar Indonesia sudah ada yang dikirim hampir 100 persen. ia memastikan pengecekan percetakan surat suara dilakukan berkala oleh KPU guna memastikan distribusi segera dilakukan. 

"Kami datang langsung ke percetakan untuk kemudian memastikan bahwa semua yang dilakukan sesuai dengan yang memang direncanakan, kualifikasi, dan semaksimal mungkin," tukasnya.

Tags : KPU RI , Pilkada Serentak , Surat Suara , Percetakan