KPU RI Gandeng Dukcapil Agar DPT Lebih Akurat

| Rabu, 16/10/2024 21:15 WIB
KPU RI Gandeng Dukcapil Agar DPT Lebih Akurat Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz mengatakan bahwa pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) untuk daftar pemilih tetap (DPT) yang akurat. 

"Kami koordinasi dengan disdukcapil juga, makin lama, makin baik, dan memang mengarah ke urusan data pemilih yang sangat akurat," kata Mellaz dilansir dari antaranews, Rabu, 16 Oktober 2024.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa isu penggelembungan DPT tidak menjadi perhatian pihaknya saat ini. Akan tetapi, penetapannya di tingkat Kabupaten/Kota hingga provinsi tetap diawasi oleh pengawas Pemilu.

"Harusnya tidak ada kendala itu, dan selisihnya juga tidak terlalu signifikan. jadi dalam batas-batas normal lah," ujarnya.

Mellaz mengungkapkan, pemutakhiran DPT diperbarui setiap enam bulan sekali dan DPT Pilkada 2024 hasil pemutakhiran terakhir. "Kalau kita lihat, misalnya penggelembungan atau tidak itu 'kan kita bisa perbandingkan antara DPT yang ditetapkan di pilkada dengan DPT yang ditetapkan dengan pemilu sebelumnya," tandasnya.

Tags : KPU RI , DPT , Pilkada 2024 , Disdukcapil , Akurat