Pesan DPR RI ke Muhammad Herindra: Jaga Stabilitas Negara

| Rabu, 16/10/2024 21:01 WIB
Pesan DPR RI ke Muhammad Herindra: Jaga Stabilitas Negara Pimpinan DPR RI saat melakukan konferensi pers terkait fit and proper test calon Kepala BIN, Muhammad Herindra (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani berpesan kepada calon Kepala Badan Intelijen Negara, Muhammad Herindra agar menjaga stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Salah satu hal yang dimintakan oleh DPR kepada calon Kepala BIN adalah agar tetap menjaga stabilitas negara kesatuan Republik Indonesia, kemudian bagaimana tetap menjaga NKRI ini bisa berjalan sebagaimana suatu negara yang utuh," kata Puan Maharani di Gedung DPR RI, Rabu, 16 Oktober 2024.

Selain itu, kata Puan, DPR RI juga berharap agar Herindra nantinya dapat membawa BIN bekerja dengan profesional sesuai dengan tugas dan kewenangan lembaga intelijien negara itu.

“Menjaga konsistensi sesuai tupoksinya, BIN bisa bekerja secara netral, tentu saja bekerja bukan untuk ke dalam saja tapi juga menjaga tupoksinya untuk keluar, maksudnya ke luar negeri,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, DPR RI menyatakan Muhammad Herindra telah lolos Uji Kelayakan dan Kepatutan (fit and proper test) sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Hal ini terungkap usai dilakukan uji kelakayan di DPR pada Rabu, 15 Oktober 2024.

“Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Muhammad Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden,” kata Puan.

Tags : BIN , DPR RI , Muhammad Herindra