Pemerintah Berupaya Tingkatkan PNBP Sektor Perhubungan Laut

| Rabu, 16/10/2024 16:37 WIB
Pemerintah Berupaya Tingkatkan PNBP Sektor Perhubungan Laut Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus berupaya meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Salah satunya melalui optimalisasi tata kelola badan usaha pelabuhan.

“Dengan penguatan tata kelola badan usaha pelabuhan dan modernisasi infrastruktur, kita tidak hanya mempercepat arus logistik dan perdagangan, tetapi juga memastikan sektor transportasi laut menjadi pilar penting dalam meningkatkan penerimaan negara,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Selasa, 15 Oktober 2024.

Sementara itu, kata Menhub Budi, untuk mengakselerasi pembangunan pelabuhan, pemerintah memberikan peluang yang luas kepada badan usaha dalam negeri maupun asing untuk berinvestasi.

"Melalui skema seperti konsesi dan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), diharapkan dapat meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP)," ujar Menhub Budi.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang telah berhasil merealisasikan PNBP sebesar Rp. 4,7 triliun atau sebesar 97,78%, dari target APBN 2024.

Sementara itu hingga 11 Oktober 2024, total capaian realisasi PNBP Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 9,49 triliun dari target Rp. 10,41 triliun.

Tags : Kemenhub , Perhubungan Laut