Ketua DPR: Esok DPR RI Bakal Fit and Proper Test Calon Kepala BIN

| Selasa, 15/10/2024 19:54 WIB
Ketua DPR: Esok DPR RI Bakal Fit and Proper Test Calon Kepala BIN Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan, pimpinan DPR telah menerima Surat Presiden (Surpres) Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan intelijen Negara (BIN).

Dalam Surpres ini, kata Puan, Presiden Jokowi mengusulkan Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra menjadi calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan.

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres pergantian kepala BIN atas nama Pak Herindra yang insyaallah akan dilaksanakan fit and proper-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu insyaallah besok pagi di DPR," ujar Puan Maharani dikutip laman dpr, Selasa, 15 Oktober 2024.

Puan mengatakan pihaknya segera membentuk tim khusus untuk membahas lebih lanjut mekanisme pengangkatan dan pemberhentian kepala BIN Budi Gunawan. Alasannya, tupoksi yang melakukan fit and proper test calon kepala BIN dilakukan Komisi I DPR. Namun, hingga saat ini, alat kelengkapan dewan belum terbentuk.

“Rapat konsultasi memutuskan membentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR yang mempunyai tugas untuk membahas pertimbangan atas pemberhentian dan pengangkatan calon kepala BIN,” tuturnya.

Tags : Kepala BIN , DPR RI