BNPB Tanam 6.000 Batang Mangrove di Aceh

| Kamis, 10/10/2024 08:05 WIB
BNPB Tanam 6.000 Batang Mangrove di Aceh Kepala BNPB tanam Mangrove di Pesisir pantai Ulee Lheu, Banda Aceh, Rabu (9/10). (Foto: Pos Aceh)

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penanaman sebanyak 6.000 batang Mangrove di Pesisir Pantai Ulee Lheu, Banda Aceh, Rabu (9/10), dalam rangka peringatan bulan pengurangan risiko bencana (PRB). Hal tersebut sebagai upaya untuk merehabilitasi lingkungan sekaligus menjaga ekosistem pesisir. 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pengurangan risiko bencana memang harus dimulai ketikan sebelum terjadi bencana yakni pada fase mitigasi atau pencegahan, salah satunya wujudnya melalui penanaman mangrove.

"Secara simbolis ditanam beberapa ratus batang, dalam kegiatan ini ada 6.000 batang, tentunya ini tidak cukup, tapi paling tidak memberi contoh kepada masyarakat supaya kita selamat terhadap bencana, maka kita harus memelihara lingkungan," katanya dilansir dari antaranews, Kamis, 10 Oktober 2024.

Penanaman mangrove itu turut dihadiri Pj Gubernur Aceh Safrizal, para deputi dan direktur jajaran BNPB sekaligus melibatkan prajurit TNI, komunitas, organisasi sosial, serta masyarakat di provinsi paling barat Indonesia itu.

Suharyanto menyampaikan, tentunya penanaman pohon ini dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada BNPB yang menekankan bahwa kehebatan penanggulangan bencana bukan aksi pada saat terjadi bencana, tetapi pada fase pencegahan.

Karena itu, upaya pada fase pencegahan atau mitigasi paling tepat adalah melaksanakan pemeliharaan lingkungan, salah satunya melalui penanaman pohon, baik pohon keras maupun tanaman seperti Mangrove. "Seperti di Aceh ini relatif berada di pinggir pantai, maka penahan alam paling bagus adalah mangrove, sesuai hasil penelitian ahli," tuturnya.

Tags : BNPB , Mangrove , Pesisir Pantai , Aceh