Tingkatkan Daya Saing Indonesia, Jokowi Dorong Hilirisasi Industri dan Digitalisasi

| Selasa, 08/10/2024 17:09 WIB
Tingkatkan Daya Saing Indonesia, Jokowi Dorong Hilirisasi Industri dan Digitalisasi Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pentingnya hilirisasi dan digitalisasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Hal ini disampaikan pada Peresmian Pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (08/10/2024).

“Hilirisasi itu menjadi sangat penting, nilai tambah itu sangat penting. Tetapi yang kedua juga digitalisasi juga menjadi hal yang sangat penting. Satu hilirisasi, yang kedua digitalisasi,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, infrastruktur digital harus diperkuat dengan fokus pada pengembangan data center, sistem pembayaran digital, serta digital analytics. Begitu juga dengan hilirisasi industri untuk meningkatkan nilai tambah.

“Hilirisasi industri juga penting untuk meningkatkan nilai tambah,” tambahnya.

Selain barang tambang, kata Presiden Jokowi, sumber daya alam lain hasil perkebunan, kelautan, dan pertanian harus didorong agar nilai tambah itu terjadi.

“Hilirisasi yang berbau padat karya ini harus didorong, baik yang berkaitan dengan pertanian, kelautan, pangan, semuanya harus didorong agar nilai tambah itu terjadi,” tukasnya.

Tags : Hilirisasi Industri , Digitalisasi

Berita Terkait