Bandara Nusantara Akan Kembali Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat Lebih Besar

| Senin, 07/10/2024 14:57 WIB
Bandara Nusantara Akan Kembali Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat Lebih Besar Presiden Jokowi groundbreaking Bandara IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Progres pembangunan Bandar Udara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) kini semakin pesat. Setelah dilakukan pendaratan Pesawat Kepresidenan RJ85 pada akhir bulan lalu, Bandara Nusantara kini akan kembali melalukan uji coba pendaratan untuk tipe pesawat yang lebih besar.

"Insya Allah pengerjaan bagian runway ini akan selesai di tanggal 10 (Oktober) pagi dan sorenya akan dilakukan uji coba pendaratan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di IKN, Minggu, 6 Oktober 2024.

Sebelumnya, pesawat Kepresidenan dengan tipe RJ85 sukses mendarat di Bandara Nusantara, mengantarkan Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di beberapa wilayah Kalimantan.

Sebagai informasi, pembangunan bandara IKN sendiri ditargetkan selesai pada 31 Desember 2024, dengan runway sepanjang 3000 meter dan luas bangunan terminal 7.350 meter².

“Bandara Nusantara nantinya dapat melayani pendaratan pesawat hingga jenis terbesar B-777 300 ER dan A380,” imbuh Menteri Budi.

Tags : Bandara IKN , Kemenhub

Berita Terkait