Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Tak Lagi Dapat Fasilitas RJA

| Jum'at, 04/10/2024 18:49 WIB
Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Tak Lagi Dapat Fasilitas RJA Pimpinan DPR RI periode 2024-2029. (Foto: Akun X @fraksiPKB)

RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI periode 2024-2029 tidak akan mendapatkan fasilitas Rumah Jabatan Anggota (RJA). Sebagai gantinya, para anggota dewan bakal mendapatkan uang tunjangan perumahan setiap bulannya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar menjelaskan RJA yang berlokasi di Kalibata dan Ulujami tersebut akan dikembalikan ke negara dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai pengelola barang.

”Berdasarkan hasil keputusan rapat konsultasi antara pimpinan DPR dengan fraksi-fraksi tanggal 24 September itu disepakati bahwa rumah dinas atau rumah jabatan DPR akan kita kembalikan kepada negara,” kata Indra Iskandar di Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2024.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan nantinya setelah rumah tersebut dikembalikan kepada negara, Kementerian Keuangan akan melakukan pengecekan-pengecekan terkait aset di dalam rumah dinas tersebut sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Rumah dinas itu walaupun rumahnya sudah rumah-rumah lama semua asetnya di dalam itu masih tercatat sebagai aset yang dibelanjakan oleh Sekretariat Jenderal dan itu akan dilakukan oleh Kementerian Keuangan akan dikembalikan semua,” tukasnya.

Tags : DPR RI , RJA