Mendagri Sebut Delapan Pos Lintas Batas Negara Telah Beroperasi Penuh

| Rabu, 02/10/2024 19:25 WIB
Mendagri Sebut Delapan Pos Lintas Batas Negara Telah Beroperasi Penuh PLBN Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. (Foto: Traverse.id)

RADARBANGSA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melaporkan, sebanyak delapan dari 15 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di sejumlah provinsi di Indonesia telah beroperasi secara penuh. Hal itu dilaporkan Tito pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang prosesi peresmian tujuh PLBN Terpadu Indonesia di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 2 Oktober 2024. 

"Saat ini telah terealisasi 15 PLBN, delapan PLBN telah lengkap dan berfungsi," kata Mendagri.

Dijelaskannya, pembangunan PLBN merupakan bagian dari arahan Presiden melalui Inpres Nomor 6 Tahun 2015 dan Inpres Nomor 1 Tahun 2019, yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di perbatasan negara.

lebih lanjut Tito menyampaikan, pos yang telah beroperasi secara penuh tersebut di antaranya berada di Provinsi Kalimantan Barat, yakni PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, PLBN Entikong Kabupaten Sanggau, dan PLBN Badau Kabupaten Kapuas Hulu.

Kemudian di NTT meliputi PLBN Motaain Kabupaten Belu, PLBN Motamasin Kabupaten Malaka, dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Selanjutnya, Skouw di Kota Jayapura Provinsi Papua, dan terakhir PLBN Sota di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan. 

Tito menegaskan pentingnya keberadaan PLBN untuk memperkuat integrasi dan keamanan di perbatasan, serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Ia berharap kehadiran PLBN dapat mempercepat pelayanan di wilayah perbatasan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. 

Tags : Mendagri , PLBN , Perbatasan Negara , Inpres , Indonesia