Pemerintah Dorong Ahli Gencarkan Promosi K3 sebagai Budaya di Dunia Kerja

| Rabu, 02/10/2024 16:59 WIB
Pemerintah Dorong Ahli Gencarkan Promosi K3 sebagai Budaya di Dunia Kerja Gedung Kemnaker (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong para Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk gencar mempromosikan K3 sebagai budaya yang melekat dalam dunia kerja.

"K3 harus menjadi budaya di tempat kerja, bukan hanya karena aturan, tetapi karena kesadaran bahwa K3 sangat penting bagi produktivitas dan kesejahteraan," kata Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Fahrurozi dalam rilisnya, Selasa, 1 Oktober 2024.

Fahrurozi mengatakan, penerapan K3 di Indonesia masih menghadapi tantangan besar yang salah satunya adalah masih minimnya jumlah Ahli K3 yang tersedia, sementara jumlah perusahaan di Indonesia sangat besar dan terus berkembang. Menurutnya, kondisi tersebut menciptakan kesenjangan yang cukup signifikan antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga Ahli K3.

“Meski demikian, pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan jumlah dan kualitas tenaga Ahli K3,” ujarnya.

"Kita sebagai komunitas K3 harus memahami pentingnya mempromosikan K3 secara efektif. Jika promosi ini tidak dijalankan dengan baik, maka keberhasilannya akan sulit tercapai," sambungnya.

Tags : K3 , Kemnaker , Kecelakaan Kerja

Berita Terkait