Pemerintah Dorong Penguatan Fondasi dan Transformasi Digital di Sektor Transportasi

| Selasa, 01/10/2024 21:37 WIB
Pemerintah Dorong Penguatan Fondasi dan Transformasi Digital di Sektor Transportasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong penguatan fondasi dalam melakukan transformasi digital di sektor transportasi.

"Kita harus menyiapkan infrastruktur transportasi yang mampu mengoptimalkan serta mengawal penerapan teknologi cerdas, teknologi autonomous, dan teknologi yang akan terus berkembang di masa mendatang," ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Menhub Budi menjamin bahwa penerapan berbagai teknologi maju di sektor transportasi akan memberi kemudahan dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat pengguna jasa, industri transportasi dan logistik, maupun bagi pemerintah.

"Tidak hanya lancar beroperasi, tapi juga aman dari cyber hijacking atau pembajakan siber, serta aman pula dari berbagai jenis gangguan fisik dan siber lainnya," ucapnya.

Untuk mendukung transformasi tersebut, Menhub Budi meluncurkan Tim Tanggap Insider Siber atau CISRT Sektor Transportasi, “CISRT di sektor transportasi ini penting untuk menjamin keamanan, mencegah, serta mampu menanggapi insiden siber di sektor transportasi,” tukasnya.

Tags : Transportasi Darat , Kemenhub

Berita Terkait