Anggota DPR RI 2024-2029 Resmi Dilantik, Puan Maharani Kembali Jadi Ketua

| Selasa, 01/10/2024 20:11 WIB
Anggota DPR RI 2024-2029 Resmi Dilantik, Puan Maharani Kembali Jadi Ketua Pimpinan DPR RI periode 2024-2029. (Foto: Akun X @fraksiPKB)

RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI periode 2024-2029 resmi dilantik dalam rapat paripurna perdana pemilihan pimpinan DPR RI periode baru. Rapat paripurna dipimpin oleh pimpinan rapat sementara yakni Guntur Sasono dari Fraksi partai Demokrat sebagai ketua dan Anisa Mahesa dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil ketua.

Rapat paripurna menyetujui Puan maharani dari fraksi PDI Perjuangan kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029. Selanjutnya, empat Wakil Ketua DPR RI juga dipilih berdasarkan perolehan kursi terbanyak setelah PDIP. Mereka adalah Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustofa dari Fraksi Partai NasDem, dan Cucun Ahmad Syamsurizal dari Fraksi PKB.

Sebelumnya, pimpinan rapat sementara meminta kepada 383 anggota dari total 579 anggota DPR RI terpilih memulai ketukan palu. Dalam sambutannya, Guntur menyatakan, "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, perkenankanlah kami selaku pimpinan sementara DPR RI membuka Rapat Paripurna DPR RI yang kedua masa persidangan pertama tahun sidang 2024-2025."

Ketika Guntur Sasono menanyakan persetujuan anggota DPR terkait penetapan Puan dan para wakilnya, seluruh anggota menjawab serentak, “Setuju,” yang kemudian disahkan dengan ketukan palu.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji oleh Puan Maharani dan empat Wakil Ketua DPR RI yang dipandu langsung oleh Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin. Usai pengucapan sumpah, penyerahan simbolis kepemimpinan DPR dilakukan melalui penyerahan palu sidang dari Guntur Sasono kepada Puan Maharani, yang menandai resminya Puan kembali memimpin DPR RI.

Tags : DPR RI , Pimpinan , Rapat Paripurna , Ketua