Pertamina NRE Group dan Genvia Teken Kerja Sama Teknologi Produksi Hidrogen Bersih

| Jum'at, 27/09/2024 22:15 WIB
Pertamina NRE Group dan Genvia Teken Kerja Sama Teknologi Produksi Hidrogen Bersih Gedung Pertamina Jakarta (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM - PT Pertamina Power Indonesia (NRE), PT Pertamina Geothermal Energy Tbk dan Genvia melakukan kerja sama untuk mengembangkan produksi hidrogen hijau melalui integrasi teknologi solid oxide electrolyzer (SOEL) canggih dengan sumber panas geothermal.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan saat Indonesia – France Business Forum pada tanggal 26 September 2024.

“Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami untuk mengeksplorasi solusi inovatif guna mencapai produksi hidrogen yang lebih hemat biaya serta memaksimalkan potensi energi hijau Indonesia, seperti panas bumi,” kata CEO Pertamina Power Indonesia, John Anis dalam rilisnya, Jumat, 27 September 2024.

PGE, kata Anis, merupakan anak perusahaan panas bumi dari Pertamina Power Indonesia, akan menyediakan sumber panas bumi untuk studi ini.

“Kami di Pertamina NRE sangat antusias terhadap kerja sama dengan Genvia, yang kami yakini akan secara signifikan mempercepat pengembangan hidrogen hijau di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pengembangan produksi hidrogen merupakan salah satu inisiatif transisi energi Pertamina yang mendukung program bisnis hijau.

"Hidrogen bersih adalah salah satu bisnis masa depan Pertamina. Kolaborasi ini akan mempercepat target pencapaian energi baru terbarukan di Indonesia," tandas Fadjar.

Tags : Pertamina , NRE