Pj Gubernur Banten Minta Pemangku Kebijakan Siap Siaga Kebencanaan

| Kamis, 26/09/2024 23:08 WIB
Pj Gubernur Banten Minta Pemangku Kebijakan Siap Siaga Kebencanaan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengingatkan pemangku kepentingan agar selalu siap siaga terhadap bencana yang tidak diinginkan. Hal ini disampaikan dalam apel Apel digelar di Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS) Kecamatan Curug Kota Serang, Kamis (26/9/2024).

“Bila terjadi bencana, kita hadapi dengan manajemen tanggap darurat saat peristiwa itu terjadi. Dilanjutkan dengan proses rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, jambore kebencanaan merupakan salah satu upaya menumbuhkan kesadaran kognitif, afektif dan psikomotorik kebencanaan bagi semua pihak yang mendedikasikan diri dalam penanggulangan bencana.

“Diharapkan sebagai insan bencana yang tangguh dan refleksi dirinya siaga bencana setiap saat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, Jambore Kebencanaan bertujuan melatih kesiapsiagaan pada saat bencana, baik pra-bencana, saat bencana, maupun setelah terjadinya bencana.

"Jambore ini berkaitan antara lain dengan evakuasi dan memberikan pelayanan pada saat terjadi bencana kepada pengungsi," kata Nana.

Tags : BNPB , Provinsi Banten