Komisi IX DPR Minta Pemerintah Tindak Tegas RS Klaim Fiktif BPJS Kesehatan

| Rabu, 25/09/2024 21:16 WIB
Komisi IX DPR Minta Pemerintah Tindak Tegas RS Klaim Fiktif BPJS Kesehatan Logo BPJS Kesehatan (foto: bpjs-kesehatangoid)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo meminta Pemerintah tindak tegas rumah sakit yang melakukan klaim palsu atau fiktif biaya kesehatan masyarakat kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sehingga merugikan negara.

"Dugaan klaim fiktif BPJS Kesehatan yang dilakukan rumah sakit harus diusut tuntas,” kata Rahmad Handoyo dalam keterangannya, Rabu, 25 September 2024.

“Tindak tegas RS nakal yang terbukti melakukan pelanggaran pidana tersebut karena bukan hanya merugikan negara, tapi juga merugikan masyarakat,” tegasnya.

Handoyo juga mendorong Pemerintah melakukan audit menyeluruh terhadap semua rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kalau tindakan seperti ini dibiarkan dan tidak ditindak tegas, maka akan jadi preseden buruk.

“Audit menyeluruh juga agar kita tahu di mana letak kelemahan sistem BPJS Kesehatan. Pastikan pula memperketat pengawasan dalam sistem pelaksanaan BPJS sehingga pelayanan kesehatan betul-betul berpihak kepada masyarakat dan memberikan jaminan kesehatan yang layak," tukasnya.

Tags : BPJS Kesehatan , Kemenkes

Berita Terkait