Majukan Sektor Pertanian, Politisi PKB Minta Pemerintah Dorong Anak Muda jadi Petani

| Rabu, 25/09/2024 17:42 WIB
Majukan Sektor Pertanian, Politisi PKB Minta Pemerintah Dorong Anak Muda jadi Petani Anggota FPKB DPR RI, Daniel Johan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI, Daniel Johan mengatakan, permasalahan pertanian Indonesia tak sekadar soal kebijakan dan kesejahteraan, melainkan juga menurunnya minat generasi muda terjun ke dunia pertanian.

"Tentu generasi muda merasa ragu bahwa kehidupan bertani dapat menjamin kesejahteraan hidup dan masa depan mereka jika bercermin pada kenyataan hidup para petani Indonesia yang masih menghadapi berbagai tantangan seperti saat ini," ujar Daniel Johan dalam rilisnya, Rabu, 25 September 2024.

Menurut Anggota Komisi IV DPR itu, pekerjaan di sektor pertanian sering dianggap kurang menarik, sehingga jarang dilirik oleh generasi muda. Ia memperingatkan bahwa jika kondisi ini dibiarkan, masa depan pertanian di Indonesia akan terancam karena regenerasi petani yang terhambat.

“Harapannya sedikit demi sedikit generasi muda tertarik membangun bangsanya lewat sektor pertanian yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, termasuk lewat kemajuan-kemajuan teknologi. Maka petani milenial sangat dibutuhkan di sini,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Daniel, intervensi dari Pemerintah lewat kebijakan dan program-program yang berpihak kepada petani dianggap dapat meningkatkan kemajuan sektor pertanian di Indonesia.

"Pemerintah harus lebih serius dalam menempatkan petani sebagai prioritas utama dalam pembangunan sektor pertanian. Dukungan terhadap peningkatan akses lahan, stabilisasi harga komoditas, distribusi subsidi yang tepat sasaran, serta peningkatan kualitas SDM dan teknologi harus segera dilakukan," tukasnya.

Tags : Pertanian , PKB