13 Kades Belajar Majukan Desa ke Kementerian Pertanian dan Pedesaan China

| Senin, 23/09/2024 21:32 WIB
13 Kades Belajar Majukan Desa ke Kementerian Pertanian dan Pedesaan China Belasan Kades belajar memajukan desa ke Kementerian Pertanian dan Pedesaan China di Beijing (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM – Tiga belas (13) Kepala Desa (kades), peserta program Benchmarking melakukan pertemuan dengan Direktur Divisi Pengentasan Kemiskinan dan Layanan Kewirausahaan Kementerian Pertanian dan Pedesaan, China, Hu Manhua di Beijing, Jumat, 20 September 2024 lalu.

Dalam momen itu, Hu Manhua menjelaskan bahwa salah satu faktor kunci keberhasilan China dalam mengentaskan kemiskinan di daerah-daerah tertinggal adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Menurutnya, inovasi sangat dibutuhkan dalam memajukan perdesaan.

“Inovasi sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini," kata Hu Manhua dikutip laman kemendesa, Senin, 23 September 2024.

Menurut Hu Manhua, sebelum 2016, terdapat sekitar 128.000 kampung di China yang tergolong miskin karena keterpencilannya dan kurangnya sumber daya. Pemerintah China kemudian mengimplementasikan berbagai program peningkatan Iptek di sekitar 100.000 kampung, termasuk pelatihan dan pengadaan teknologi pertanian.

"Tahun 1990, wilayah ini masih berupa gurun tandus, tetapi pada 2023, rumah kaca telah menggantikan gurun, membawa kemakmuran ekonomi," tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT