Bawaslu RI Awasi Penelitian Administrasi Dokumen di Daerah Calon Tunggal

| Rabu, 18/09/2024 18:45 WIB
Bawaslu RI Awasi Penelitian Administrasi Dokumen di Daerah Calon Tunggal Gedung Bawaslu RI. (Foto: Bawaslu RI)

RADARBANGSA.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengatakan bahwa sedang mengawasi penelitian administrasi dokumen pencalonan persyaratan kepala daerah pada enam daerah calon tunggal yang kemungkinan bertambah calon kepala dan wakil kepala daerahnya. 

"Apakah ke depan (terjadi, red.) penyulitan administrasi tentang berkas pendaftaran yang dilaporkan," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menjelaskan salah satu poin pengawasan, seperti dilansir dari antaranews, Rabu, 18 September 2024.

Sementara itu, dia mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan mengenai tahapan penelitian administrasi dokumen pencalonan persyaratan kepala daerah.

Walaupun demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya telah mengawasi proses pendaftaran, yakni terkait sulit atau tidaknya mendaftar pilkada ataupun tidak diterimanya berita acara. 

Sebelumnya, Anggota Komisi Pemilihan Umum RI Idham Holik saat dihubungi dari Jakarta, Senin (16/9), mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan verifikasi administrasi dan pemeriksaan kesehatan bagi para calon yang baru mendaftar pada 11-14 dan 16 September 2024 untuk daerah yang berpotensi memiliki calon tunggal. 

Tags : Bawaslu RI , Calon Tunggal , Administrasi