Panja Komisi IX DPR RI Soroti Ketersediaan Obat di E-Katalog dan Pendistribusiannya

| Jum'at, 13/09/2024 16:50 WIB
Panja Komisi IX DPR RI Soroti Ketersediaan Obat di E-Katalog dan Pendistribusiannya Nihayatul Wafiroh (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menekankan pentingnya pengawasan terhadap distribusi obat, terutama dalam menghadapi fluktuasi kebutuhan yang dipengaruhi oleh perubahan musim dan gaya hidup masyarakat. Hal tersebut disampaikannya saat memimpin kunjungan kerja Panja Komisi IX DPR RI terkait pengawasan terhadap sistem jaminan keamanan dan mutu obat di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9). 

"Distribusi obat ini juga kita perlu pikirkan. Produsen membikin obat banyak takutnya tidak laku, nanti expired juga tidak ada yang membutuhkan. Harusnya sebenarnya kan sudah bisa dilihat, kalau musim hujan ini berarti penyakit yang banyak apa nih," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Jumat, 13 September 2024.

Politisi PKB ini mengungkapkan, data mengenai pola penyakit dan kebutuhan obat perlu diperhatikan lebih serius untuk memudahkan kebutuhan obat di setiap daerah. "Gaya hidup mempengaruhi penyakit dan itu sendiri bisa diprediksi. Nah ini yang perlu kita punya data yang lengkap untuk memutuskan daerah sini pada bulan ini banyak membutuhkan obat apa dan itu bisa dilihat dari data recordnya," tukasnya.

Selain itu, Ninik, -sapaan akrabnya, juga mengkritisi sistem e-katalog yang sering kali menunjukkan ketersediaan obat yang sebenarnya tidak tersedia. "Banyak kebutuhan obat di daerah yang pada saat bersamaan di e-katalog tersedia tetapi pada kenyataannya obat tersebut habis. Ini yang menjadi sorotan kita dan harus kita awasi," tegas Legislator Dapil Jatim III tersebut.

Karena itu, ujar Ninik, Komisi IX DPR RI berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan dan memperbaiki sistem distribusi obat agar kebutuhan di seluruh daerah dapat terpenuhi dengan lebih efektif.

Tags : DPR RI , Obat , E-Katalog , Distribusi , Pengawasan