Sebelum Beroperasi, Bandara IKN Tengah Dilakukan Kalibrasi

| Selasa, 10/09/2024 20:13 WIB
Sebelum Beroperasi, Bandara IKN Tengah Dilakukan Kalibrasi Presiden Jokowi groundbreaking Bandara IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tengah melakukan proses kalibrasi Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum siap dioperasikan.

“Setelah proses kalibrasi selesai, bandara dapat digunakan untuk kunjungan kerja Presiden pekan ini,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Selasa, 10 September 2024.

Menurut Menhub Budi, proses kalibrasi bandara dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, serta untuk memastikan pengoperasian peralatan pendukung transportasi udara berjalan dengan benar dan akurat.

Sementara itu, lanjut Menhub, penerbangan kalibrasi dilaksanakan untuk memastikan aspek keselamatan penerbangan telah sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta bandar udara siap melayani.

“Dalam misi penerbangan kali ini, digunakan pesawat jenis King Air 350i yang dimiliki Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Sebagai informasi, proses pembangunan Bandara Nusantara sendiri terus berlangsung dengan perkembangan yang cukup signifikan. Runway yang tersedia sekarang sudah mencapai 2.200 x 30 meter.

Tags : IKN , Bandara Nusantara