Ida Fauziyah: Instruktur Pendidikan Kerja adalah Aktor Utama Dalam Pelatihan Vokasi

| Rabu, 04/09/2024 16:43 WIB
Ida Fauziyah: Instruktur Pendidikan Kerja adalah Aktor Utama Dalam Pelatihan Vokasi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, instruktur pendidikan kerja bidang vokasi merupakan aktor utama di dalam pelatihan vokasi yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap, dan perilaku (etos kerja) dari SDM pelatihan.

Hal itu disampaikan Menaker Ida Fauziyah dalam Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) Kementerian Ketenagakerjaan IX Tahun 2024, tingkat nasional di Sorong, Papua Barat yang digelar pada 2-7 September 2024.

"Seorang instruktur harus memiliki kompetensi keahlian/teknis dan metodologi. Sehingga, peran Instruktur sangatlah strategis sebagai ujung tombak dalam mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida menambahkan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kompetensi Instruktur adalah melalui kompetisi antar instruktur. Sebab kompetisi ini, kata Ida Fauziyah, tak hanya menguji kemampuan teknis dan metodologi, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para instruktur untuk mengukur diri, berbagi pengalaman, dan belajar antar instruktur.

"Sehingga melalui kompetisi ini, para Instruktur dapat terus meningkatkan kualitas dalam memberikan materi pelatihan yang mereka berikan," tukasnya.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan