Presiden Jokowi Serukan Pembaruan Arah Pembangunan Global

| Senin, 02/09/2024 22:15 WIB
Presiden Jokowi Serukan Pembaruan Arah Pembangunan Global Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyerukan perlunya pembaruan dalam arah dan visi pembangunan global untuk mencapai hasil yang lebih adil dan inklusif, khususnya bagi negara berkembang. 

Dalam pidatonya saat membuka Indonesia-Africa Forum Ke-2 di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali, Senin (2/9), Presiden Jokowi menekankan pentingnya menghadapi tantangan seperti pelambatan ekonomi, pengangguran, inflasi, serta ketegangan geopolitik yang berdampak luas pada kehidupan global dan rantai pasok.

"Dalam konteks ini, kita memerlukan arah dan visi baru, strategi baru, serta langkah taktis baru untuk mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan inklusif bagi negara-negara berkembang," kata Presiden Jokowi dilansir dari antaranews.

Menurut Presiden, situasi saat ini justru menunjukkan penurunan solidaritas internasional dan semakin maraknya fragmentasi, yang pada akhirnya negara-negara berkembang yang paling dirugikan.

"Namun yang sangat disayangkan, di saat seperti ini solidaritas internasional justru menurun, semangat multilateralisme semakin dikesampingkan, dan fragmentasi semakin melebar," tukasnya. 

Ia juga menyoroti kenyataan bahwa banyak rakyat negara berkembang sedang menghadapi kesulitan serius, sementara pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) masih jauh dari harapan dengan hanya 17 persen tercapai menjelang 2030.

Tags : Presiden Jokowi , Pembaruan Global , IAF 2024