Banjir Bandang Ternate Tewaskan Belasan Orang, Irine Yusiana Minta Pemukiman Warga Direlokasi

| Rabu, 28/08/2024 18:00 WIB
Banjir Bandang Ternate Tewaskan Belasan Orang, Irine Yusiana Minta Pemukiman Warga Direlokasi Banjir bandang di Ternate. (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM - Banjir bandang yang melanda pemukiman penduduk di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, menewaskan belasan warga. Seperti diketahui, banjir bandang dan longsor melanda Kelurahan Rua, Ternate, pada Minggu (25/8/2024) dini hari. 

Akibat bencana hidrometeorologi itu, sebanyak 18 warga dilaporkan meninggal dunia dan satu orang masih dinyatakan hilang. Merespon peristiwa tersebut, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri meminta pemerintah melakukan relokasi pemukiman warga dari wilayah yang menjadi lokasi banjir.

"Dukacita mendalam dan keprihatinan kami ucapkan atas bencana alam di Ternate, khususnya bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan," kata Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 28 Agustus 2024. 

Lebih lanjut, Irine meminta agar pencarian korban terus dilakukan dengan maksimal di mana BNPB telah mengerahkan 10 alat berat atau eskavator untuk mencari korban hilang sekaligus membersihkan material yang terbawa banjir. "Pencarian korban dan perbaikan akses perlu dilakukan dengan cepat. Semoga semua dapat diatasi dengan baik," tuturnya. 

Irine lalu mendorong agar bantuan penyediaan rumah bagi korban yang tempat tinggalnya hancur karena banjir dan longsor bisa segera direalisasikan oleh pemerintah.

"Penanganan saat ini maupun yang akan datang adalah supaya warga terdampak bisa mendapat bantuan rumah. Saya sudah bahas dengan teman-teman dari PUPR dan Pemkot agar secepatnya menangani warga terdampak," ucapnya.

Tags : DPR RI , Banjir Bandang , Ternate , Relokasi , PUPR