Gus Imin Dinobatkan sebagai Bapak Toleransi Penjaga Pancasila

| Sabtu, 24/08/2024 11:13 WIB
Gus Imin Dinobatkan sebagai Bapak Toleransi Penjaga Pancasila Gus Imin dinobatkan sebagai Bapak Toleransi dan Penjaga Pancasila dari para tokoh lintas iman di Pura Jagatnatha Puja Mandala, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (23/8). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar dinobatkan sebagai Bapak Toleransi Penjaga Pancasila oleh tokoh lintas iman di Pura Jagatnatha Puja Mandala, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat malam (23/8/2024).

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan kepada Gus Imin yang selama ini dinilai sebagai tokoh yang konsisten memperjuangkan nilai-nilai luhur Pancasila. Hal ini diwujudkan melalui sikap dan tindakan Gus Imin dalam mengembangkan hubungan tali persaudaraan antar sesama yang terikat dengan ikatan keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

Gus Imin juga dianggap konsisten dalam selalu menjunjung tinggi semangat akomodatif, kooperatif, dan integratif tanpa memperuncing perbedaan antara yang satu dengan lainnya. ”Dengan ini kami para tokoh lintas iman memberikan tanda kehormatan dan menganugerahkan gelar Bapak Toleransi Penjaga Pancasila kepada Gus Muhaimin Iskandar,” ujar tokoh adat Bali, Ida Rsi Agung Putra Natha Siliwangi Manuaba.

Dengan penganugerahan tersebut, Gus Imin diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Di antara tokoh lintas agama yang hadir, Pendeta Yacob Yanuarius B, Romo Adianto Paulus Harun, Ws Adhinata Lee, Oscar Naib Wanouw, dan KH Saifullah Ma’sum.

Sementara itu, Gus Imin mengaku bersyukur bisa bertemu dengan para tokoh lintas agama dan lintas iman, serta tokoh adat di Bali. "Ini menjadi kebahagiaan bagi kita semua semoga para tokoh lintas agama, iman dan tokoh adat ini selalu dalam keadaan sehat. Saya sungguh bersyukur bisa bertemu tokoh-tokoh agama lintas iman yang menyambut saya di Bali dengan semangat yang luar biasa," ungkapnya.

Wakil Ketua DPR RI ini menyampaikan terima kasih atas penobatan dirinya sebagai Bapak Toleransi Penjaga Pancasila. "Penghargaan kehormatan sebagai tokoh toleransi ini merupakan komitmen kita bersama dari dulu dan ini terus kita lakukan untuk terus membangun toleransi, kebhinekatunggalikaan dan kebersamaan di dalam berbangsa dan bernegara," katanya.

Gus Muhaimin mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi pengakuan kepada seluruh keluarga besar PKB dan Nahdlatul Ulama (NU) yang selama ini berkomitmen dalam menjaga kebhinekaan dalam cita cita dan ideologi. "Saya sampaikan terima kasih, ini menjadi motivasi warga PKB dan wagra NU untuk terus bersama-sama menjaga Indonesia, untuk tetap bersatu, berdaulat, adil, makmur, sejahtera, damai dan tentram. Terima kasih seluruh tokoh lintas agama. Semoga ini akan membawa kemajuan bangsa," katanya. 

Tags : Gus Imin , Tokoh Lintas Iman , Toleransi , Pancasila