Bertu Merlas Apresiasi WTP Kemenkeu ke-13 Kalinya, Harap Bisa Pertahankan Prestasi

| Kamis, 22/08/2024 19:33 WIB
Bertu Merlas Apresiasi WTP Kemenkeu ke-13 Kalinya, Harap Bisa Pertahankan Prestasi Anggota Komisi XI DPR RI Bertu Merlas (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi XI DPR RI, Bertu Merlas mengapresiasi capaian Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-13 kalinya. Akan tetapi, ia mengingatkan agar Kemenkeu ke depan dapat meminimalkan hal-hal yang bisa berujung menjadi temuan BPK. 

"Saya kira laporan keuangan Kementerian Keuangan ini sudah patut diapresiasi karena sudah 13 kali WTP. Cuma saya baca juga bahwa catatan atau temuan-temuan itu masih banyak dan ke depan saya memberi semangat kepada Kementerian Keuangan agar catatan-catatan tersebut menjadi lebih sedikit," kata Bertu dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 22 Agustus 2024. 

Lebih lanjut, politisi Fraksi PKB itu mengatakan bahwa Kementerian Keuangan kerap menjadi tolok ukur bagi kementerian/lembaga lain di tanah air. Untuk itu Kementerian Keuangan harus dapat memberikan citra positif dari kinerjanya.

"Kenapa? Kementerian Keuangan ini adalah tolak ukur dari semua lembaga yang ada di Indonesianya mulai dari pemerintah daerah sampai dengan lembaga-lembaga lainnya. Kalau sampai catatannya banyak atau kalau sampai opini dari audit Kementerian Keuangan tidak baik ini akan menjadi tidak baik juga bagi seluruh lembaga yang ada di negara kita," tutupnya. 

Berdasarkan paparan Menteri Keuangan setidaknya ada empat kelompok besar yang masuk dalam rekomendasi BPK dan juga menjadi arahan Komisi XI DPR RI terkait dengan kinerja instansi tersebut, yaitu; Spending Better, Pemetaan kategori BUMN, Core Tax serta Pengungkapan realisasi belanja berdasarkan fungsi.

Tags : DPR RI , Kemenkeu , WTP , BPK , Apresiasi