Gus Halim: Program TEKAD Jadi Solusi Tingkatkan Kemandirian Kampung di Papua

| Kamis, 18/07/2024 20:39 WIB
Gus Halim: Program TEKAD Jadi Solusi Tingkatkan Kemandirian Kampung di Papua Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengapresiasi program Transformasi Ekonomi Terpadu (Tekad). Menurutnya, Tekad menjadi solusi membangun kemandirian kampung di Papua.

“Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) menjadi solusi dalam membangun kemandirian ekonomi kampung-kampung di Papua,” kata Gus Halim di Wamena, Rabu, 17 Juli 2024.

Pencapaian Program TEKAD yang salah satu lokusnya adalah Kabupaten Jayawijaya ditampilkan dalam Rakornas Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) di Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan pada 17-19 Juli 2024.

Menurutnya, keberhasilan ini diharapkan jadi model untuk pemanfaatan dana desa karena demplot TEKAD ini dilakukan oleh warga desa, didampingi oleh penyuluh teknis termasuk fasilitator sesuai dengan keragaman potensi pada masing-masing kampung.

"Kehadiran TEKAD sebagai bentuk kolaborasi dan stimulasi dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat dan pengentasan daerah tertinggal. Apapun kebijakan yang kita lakukan harus berbasis adat istiadat," tuturnya.

Tags : Kemendes , Gus Halim