Gus Halim: Teknologi Tepat Guna Bagian dari Implementasi SDGs Desa

| Selasa, 16/07/2024 20:11 WIB
Gus Halim: Teknologi Tepat Guna Bagian dari Implementasi SDGs Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menyampaikan, Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan bagian dari implementasi SDGs Desa Ke-9, Infrastruktur dan Inovasi Sesuai Kebutuhan untuk mengoptimalkan pendayagunaan seluruh aspek sumber daya lokal.

"Adapun keterkaitan TTG dengan SDGs Desa adalah SDGs Desa ke-9 yaitu infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Mataram, Lombok, Senin, 15 Juli 2024.

Saat menghadiri pembukaan Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke-25 di Lapangan Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat, Gus Halim mengatakan, dengan teknologi tepat guna yang semakin berkembang dan tidak tergerus zaman, setiap desa bisa mencapai status mandiri dan desa tertinggal pun berhasil dientaskan, seperti yang terjadi di Provinsi NTB.

"Di NTB berbagai inovasi TTG membawa dampak signifikan beberapa sektor. Inovasi TTG tidak hanya meningkatin kualitas hidup masyarakat tapi juga mendorong ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja baru,” imbuhnya.

Sebagai informasi, gelaran TTGN ke-25 digelar sejak 14-17 Juli 2024 di Lombok, NTB dan diikuti peserta dari 20 provinsi dalam kategori lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna diikuti peserta dari 20 provinsi. Kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan diisi peserta dari 17 provinsi. Adapun kategori Pos Pelayanan Teknologi diikuti 14 provinsi.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT