Pemerintah Apresiasi Peran Perguruan Tinggi Turunkan Angka Stunting di Daerah

| Senin, 15/07/2024 20:37 WIB
Pemerintah Apresiasi Peran Perguruan Tinggi Turunkan Angka Stunting di Daerah Ilustrasi ajakan memerangi stunting. (Foto: indonesiabaik)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah mengapresiasi peran Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) dalam program penurunan angka stunting di Indonesia. Salah satu yang terlibat dalam penurunan stunting adalah Kementerian PUPR terutama dalam penyediaan akses air bersih dan sanitasi.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah saat memberikan pembekalan KKM di Universitas Muhammadiyah Cirebon mewakili Menteri PUPR, Sabtu, 13 Juli 2024 lalu.

"Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon ini yang akan melaksanakan kuliah kerja mahasiswa  (KKM) ke lapangan, kita dorong untuk dapat menjadi agen pendamping program pengentasan stunting," kata Zainal Fatah.

Zainal mengungkapkan, pemerintah terus bekerjasama dengan perguruan tinggi di berbagai daerah untuk membantu menurunkan angka stunting di daerah. Menurutnya, kolaborasi adalah Langkah tepat untuk mensukseskan program tersebut.

"Dalam mewujudkan penurunan stunting kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak sesuai tugas dan peran masing-masing,” imbuhnya.

Berdasarkan data pupr, pada periode 2018-2023, program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) telah dilaksanakan di 19.126 Lokasi dengan anggaran Rp 4,78 triliun. Untuk SANIMAS, pada periode 2018-2023, telah dilaksanakan di 5.989 lokasi yang sebagian besar merupakan kabupaten/kota prioritas penanganan stunting dengan biaya Rp2,2 triliun, dengan jumlah balita stunting penerima manfaat sebanyak 18.747 jiwa.

Tags : Program Penurunan Stunting

Berita Terkait