Tingkatkan Transportasi Berkeselamatan, Menhub Budi: Kolaborasi dan Koordinasi Antar Pemangku Kepentingan

| Rabu, 10/07/2024 20:28 WIB
Tingkatkan Transportasi Berkeselamatan, Menhub Budi: Kolaborasi dan Koordinasi Antar Pemangku Kepentingan Arus mudik lebaran 2023 (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kolaborasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan.

“Transportasi darat yang berintegritas dan berkeselamatan sangat mungkin terwujud apabila ada koordinasi, komitmen, dan kolaborasi yang kuat dan nyata antarpemangku kepentingan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Menhub Budi mengutarakan, transportasi darat memegang peran penting dalam mendukung mobilitas masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pembangunan.

“(Sementara) faktor keselamatan merupakan muara utama dalam penyelenggaraan transportasi di tanah air,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Menhub Budi, penerapan e-ticketing, monitoring kendaraan secara real-time, dan teknologi lain juga penting untuk mencegah atau menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan raya, termasuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi darat.

“Kita juga perlu mendorong riset dan pengembangan dalam bidang transportasi untuk menemukan solusi-solusi yang inovatif,” tukasnya.

Tags : Transportasi Darat , Kemenhub