Komisi VIII DPR RI Tinjau Langsung Program Pemberantasan Kemiskinan dari Pemerintah

| Senin, 08/07/2024 14:28 WIB
Komisi VIII DPR RI Tinjau Langsung Program Pemberantasan Kemiskinan dari Pemerintah Marwan Dasopang (Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Padang Pariaman. Kunjungan kerja yang dilakukan pada Sabtu (6/7) lalu dpimpin wakil ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang. 

Pihak komisi VIII DPR melakukan kunjungan kerja untuk meninjau secara langsung dan mengawasi program pemberantasan kemiskinan dari pemerintah. Hal tersebut mengkonfirmasi pernyataan pemerintah melalui Menko PMK, Muhadjir Effendy yang menyebut angka kemiskinan turun di angka 9,03% pada Maret 2024. 

"Realitasnya di lapangan masih banyak yang miskin. Lalu tercermin dari program pemerintah juga mengalokasikan 10 juta keluarga kategori miskin yang harus disantuni. Belum lagi 8 juta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," ujar Marwan dilansir dari laman resmi DPR RI, Senin, 8 Juli 2024. 

Menurut perhitungan Marwan, jumlah tersebut diperkirakan masih menyentuh kisaran angka 14%, artinya belum ada perubahan yang berarti. Mengenai klaim pemerintah tersebut, ia mengakui bahwa masyarakat patut berbesar hati, apalagi kondisi sosial ekonomi warga negara ini memang perlu dukungan.

Politisi Fraksi PKB ini juga menyadari bahwa anggaran menyantuni memang berpotensi menggerus anggaran negara. Namun, hal itu tak menjadi soal sebab sudah menjadi kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang.

Untuk itu ia menyarankan harus ada upaya seperti, Program Keluarga Harapan (PKH) yang mendorong masyarakat miskin untuk mandiri keuangannya. "Asal diberikan dukungan permodalan yang baik, saya yakin bisa," ungkapnya.

Tags : DPR RI , Pemberantasan Kemiskinan , Padang Pariaman , Bantuan