Atasi Kemiskinan Ekstrem, Kemendagri Ajak Semua Pihak Manfaatkan Bonus Demografi

| Jum'at, 05/07/2024 20:31 WIB
Atasi Kemiskinan Ekstrem, Kemendagri Ajak Semua Pihak Manfaatkan Bonus Demografi Ilustrasi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan pentingnya memanfaatkan bonus demografi untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Indonesia.

"Bonus demografi ini menunjukkan bahwa kita memiliki lebih banyak masyarakat produktif, harusnya potensi ini dapat kita gerakkan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem melalui perluasan lapangan kerja," ungkap Sekretaris BSKDN Noudy R.P. Tendean dalam rilisnya, Jumat, 5 Juli 2024.

Menurutnya, masalah kemiskinan ekstrem bersifat multidimensional atau disebabkan oleh banyak faktor. Tidak hanya sempitnya lapangan pekerjaan, tetapi juga sulitnya mengakses informasi maupun pendidikan yang berkualitas hingga infrastruktur publik.

Untuk itu, ia berharap semua stakeholder untuk berpartisipasi dan kolaborasi untuk menyelesaikan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Seperti melalui berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

"Kalau kita tidak punya semangat untuk berkolaborasi menyusun strategi kebijakan, program-program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan ekstrem, [maka] target [kemiskinan ekstrem] 0 persen di 2024 menjadi tantangan kita semua," tukasnya.

Tags : Bonus Demografi , Kemiskinan Ekstrem

Berita Terkait