Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Penyakit Leptospirosis

| Rabu, 03/07/2024 21:17 WIB
Dinkes Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Penyakit Leptospirosis Penyakit Leptospirosis disebabkan dari kencing tikut (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang meminta masyarakat mewaspadai penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri Leptospira dari kencing tikus.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Anggraeni menjelaskan, bakteri Leptospira ini mudah tersebar lewat aliran air maupun genangan saat hujan. Bahkan, kata Dini, bakteri ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani segera.

"Gejala penyakit Leptospirosis ditandai dengan badan menggigil, batuk, diare, sakit kepala tiba-tiba, demam tinggi, nyeri otot, hilang nafsu makan, mata merah dan iritasi. Untuk itu masyarakat diharapkan waspada dengan mencegah penyakit Leptospirosis lewat PHBS," kata Dini dalam rilisnya, Rabu, 3 Juli 2024.

Menurut Dini, penyebaran penyakit Leptospirosis dapat melalui selaput lendir, mata, hidung, kulit yang terluka, hingga melalui makanan. Untuk itu, masyarakat diimbau menjaga kebersihan.

"Untuk mencegah itu, setiap makanan dan minuman wajib ditutup agar terhindar dari tikus. Lalu apabila beraktivitas di luar seperti ke sawah atau kebun, memakai sepatu dari karet yang tinggi serta sarung tangan," tukasnya.

Tags : Penyakit Leptospirosis , Kencing Tikur

Berita Terkait