Bahas Revolusi Pembiayaan Pendidikan, Komisi X DPR RDPU Bersama Alumni Perguruan Tinggi

| Rabu, 03/07/2024 20:59 WIB
Bahas Revolusi Pembiayaan Pendidikan, Komisi X DPR RDPU Bersama Alumni Perguruan Tinggi Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Panitia Kerja atau Panja Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum atau RDPU dengan Ikatan Alumni ITB (IA-ITB), Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI), Ikatan Alumni UI (ILUNI-UI), Ikatan Alumni Atma Jaya Jakarta dan Ikatan Alumni Trisakti (IKA USAKTI) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi mendorong masing–masing Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) memiliki keunggulan komparatif yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan pendidikan.

“Setiap Perguruan Tinggi BH harus memiliki keunggulan komparatif terutama dalam memenuhi kebutuhan industri. Riset yang berbasis industri dan hasilnya harus menjadi produk yang diperlukan karena saat ini riset kita belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan industri,” kata Dede Yusuf.

Dede Yusuf juga mempertimbangkan gagasan penyelenggaraan pendidikan tinggi melalui online learning. Sehingga dapat menjangkau mahasiswa lebih banyak dengan biaya yang lebih terjangkau.

“Komisi X DPR RI mendorong integrasi online learning sebagai alternatif biaya pendidikan yang lebih terjangkau. Namun, kami juga harus mempertimbangkan bagaimana implementasinya tanpa menghilangkan kesempatan bagi sektor swasta," ucapnya.

Selain itu, Komisi X DPR juga mempertimbangkan gagasan tentang adanya tabungan pendidikan yang dikelola pemerintah untuk menjamin orang tua yang ingin anaknya melanjutkan pendidikan tinggi, sehingga sudah memiliki kesiapan pembiayaan.

"Konsep asuransi pendidikan juga perlu dipertimbangkan, agar keluarga dapat menyiapkan biaya pendidikan anaknya tanpa khawatir,” tukas Dede Yusuf dilansir dpr.

Tags : Komisi X DPR RI

Berita Terkait