Pemerintah Komitmen Penanganan Isu Perubahan Iklim

| Selasa, 02/07/2024 21:41 WIB
Pemerintah Komitmen Penanganan Isu Perubahan Iklim Isu perubahan iklim (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyatakan bahwa Pemerintah berkomitmen dalam penanganan isu perubahan iklim. Hal ini tertuang dalam pengelolaan anggaran APBN.

“Dalam anggaran kami menguraikan komitmen terhadap ekonomi hijau dalam tiga bagian terpenting anggaran,” kata Suahasil Nazara di Jakarta, Senin, 1 Juli 2024.

Menurut Wamenkeu, setiap anggaran negara memiliki tiga bagian penting yaitu pendapatan, belanja, dan pembiayaan, “Hari ini saya ingin menunjukkan sedikit tentang komitmen terhadap lingkungan dan transisi ekonomi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wamenkeu juga mengatakan, sisi pendapatan APBN tidak hanya terkait dengan mengumpulkan penerimaan negara yang akan digunakan sebagai belanja, termasuk untuk mendukung ekonomi hijau. Namun, kebijakan pendapatan negara digunakan untuk memberikan insentif dan disinsentif bagi aktivitas ekonomi, termasuk yang terkait dengan penanganan perubahan iklim dan penurunan emisi karbon.

“Kita perlu untuk mewujudkan ekonomi hijau dan keberlanjutan. Kita wujudkan untuk menuju ke transisi. Ini bukan sesuatu yang tercapai dalam waktu singkat,” tukasnya.

Tags : Ekonomi Hijau

Berita Terkait