Komisi VIII DPR Soroti Layanan Transportasi Udara Jemaah Haji

| Selasa, 02/07/2024 16:31 WIB
Komisi VIII DPR Soroti Layanan Transportasi Udara Jemaah Haji Jemaah Haji Indonesia. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI John Kenedy Azis mengungkapkan beberapa masalah serius yang dialami oleh jamaah haji Indonesia terkait dengan layanan transportasi udara.

"Pada awal pemberangkatan, ada pesawat yang mengalami gangguan teknis yang cukup serius, termasuk insiden percikan api di mesin,” ungkap John Kenedy Azis dalam rapat Komisi VIII DPR, Senin, 1 Juli 2024.

“Selain itu, keterlambatan pemberangkatan dari tanah air menuju Tanah Suci juga sering terjadi. Kami mencatat ada penundaan hingga 8 jam," sambungnya.

Tidak hanya itu, John Kenedy Azis juga menyoroti masalah serupa yang terjadi pada kepulangan jamaah haji. Menurutnya, transportasi haji ke Tanah Suci melibatkan dua penerbangan utama, yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

"Kami juga mendapatkan informasi, dan kami sendiri mengalami, bahwa ada keterlambatan pemberangkatan dalam kepulangan haji. Beberapa kasus bahkan mengalami penundaan hingga 11 jam," imbuhnya.

Untuk itu, John Kenedy Azis mendesak pihak terkait, terutama Garuda Indonesia, untuk meningkatkan kualitas layanan dan memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang kembali di masa depan.

"Kami berharap ada perbaikan yang signifikan dalam hal ini, karena ibadah haji adalah momen penting yang seharusnya berjalan lancar dan nyaman bagi semua jamaah," pungkasnya.

Tags : Haji 2024 , Kemenag , Komisi VIII DPR