Pemerintah Pusat Dorong Optimalisasi Transportasi Massal Perkotaan di Kota Medan

| Jum'at, 28/06/2024 18:41 WIB
Pemerintah Pusat Dorong Optimalisasi Transportasi Massal Perkotaan di Kota Medan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Kota Medan, Sumatera Utara (foto: kemenhub)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Terminal Tipe A Amplas di Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat, 28 Juni 2024. 

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi mendorong optimalisasi transportasi massal perkotaan di kota Medan. Dimana Kota Medan merupakan salah satu penerima pendanaan untuk memperbaiki insfrastruktur perkotaan.

“Kita mengevaluasi pinjaman dari Bank Dunia sebanyak Rp1,8 triliun yang diberikan kepada Medan dan Bandung. Dari dana tersebut kita akan memperbaiki infrastruktur transportasi perkotaan di kedua kota tersebut. Sehingga optimalisasi transportasi perkotaan dapat terlaksana,” kata Menhub Budi dalam keterangannya.

khusus di Kota Medan, imbuh Menhub Budi, dukungan dana Bank Dunia tersebut akan digunakan untuk pembangunan depo yakni tempat pemberhentian akhir bus, "Selain pembangunan depo, dana itu juga akan digunakan untuk perbaikan koridor Bus Rapid Transit (BRT) kota Medan seperti pembangunan pedestrian dan halte," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution yang turut hadir pada peninjauan tersebut, menyampaikan komitmennya dalam mendukung proyek pekerjaan tingkat nasional yang ada di Kota Medan.

“Kami akan dukung, termasuk depo, kita berikan lahan dari Pemkot Medan. Lalu per 17 Agustus, mungkin jadi hadiah juga untuk masyarakat Kota Medan yang menggunakan transportasi umum. Nanti kalau bisa seluruhnya akan pakai kendaraan listrik,” ujar Bobby.

 

 

Tags : Kemenhub , Angkutan Perkotaan