Indonesia Turut Hadiri Pertemuan The 22nd ASEAN-Japan STOM Leaders Conference

| Kamis, 27/06/2024 22:23 WIB
Indonesia Turut Hadiri Pertemuan The 22nd ASEAN-Japan STOM Leaders Conference Pertemuan the 22nd ASEAN-JAPAN Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah yang diwakili Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turut menghadiri pertemuan the 22nd ASEAN-JAPAN Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference, yang diselenggarakan pada tanggal 25-27 Juni 2024 di Nagasaki, Jepang.

"Pertemuan tersebut dihadiri oleh para Pejabat Tinggi Bidang Transportasi Negara Anggota ASEAN, Jepang serta Sekretariat ASEAN,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati di Jakarta, Kamis (27/5).

Adita Irawati menjelaskan bahwa tujuan pertemuan tersebut untuk membahas kerja sama serta berbagi kebijakan dan visi jangka panjang, pada sektor transportasi di bawah kerangka kerja sama ASEAN-Japan Transport Partnership (AJTP).

Menurut Adita, Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan Jepang pada perkembangan sektor transportasi di ASEAN yang telah berjalan lebih dari dua dekade, khususnya bantuan Jepang pada pembangunan Pelabuhan Patimban dan MRT Jakarta. Kedua proyek strategis ini terus diperluas pengembangannya dengan dukungan Pemerintah Jepang.

“Pada kesempatan yang sama, Indonesia menyampaikan dukungannya terhadap kesetaraan gender, dengan terus meningkatkan partisipasi atau keterlibatan wanita di sektor transportasi,” imbuhnya.

Selain itu, dalam pertemuan the 22nd ASEAN-JAPAN STOM Leaders Conference juga menyambut baik deliverables dan new initiatives untuk pertemuan 22nd ATM+Japan yang akan di-endorse para Menteri Transportasi Negara Anggota ASEAN pada pertemuan 22nd ATM+Japan pada bulan November 2024 di Malaysia.

“Indonesia berharap dengan disepakatinya hasil dan inisiatif tersebut, akan membawa dampak positif bagi Negara Anggota ASEAN di sektor transportasi,” tukasnya.

Tags : Kemenhub , Transportasi Darat