Cegah Kebocoran Data Desa, Kemendes PDTT Luncurkan IMPL!KA

| Kamis, 27/06/2024 18:27 WIB
Cegah Kebocoran Data Desa, Kemendes PDTT Luncurkan IMPL!KA Kemendes PDTT meluncurkan IMPL!KA (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), meluncurkan Integrasi Manajemen Peringatan Dini dan Anomali Lalu Lintas Keamanan Data Informasi (IMPL!KA) di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Kepala Pusat Data dan Informasi Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Theresia Jundar menjelaskan, IMPL!KA bertujuan untuk mencegah kebocoran data individu maupun instansi pemerintah desa setempat, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga keamanan data.

“Kami berharap layanan data dan informasi desa dapat ditingkatkan keamanannya dan dimitigasi sejak dini sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan layanan data dan informasi Kementerian Desa PDTT," kata Theresia di Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang kian pesat, kata Theresia, masyarakat telah menjadi semakin tergantung pada penggunaan perangkat digital dan internet untuk mempercepat kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, Theresia mengajak seluruh masyarakat dan instansi desa terkait saling berbagi pengetahuan dan kesadaran terhadap pentingnya menjaga data privasi.

“Kerja sama, koordinasi, dan kesadaran kolektif adalah kunci dalam memastikan data yang kita miliki tetap aman dan terlindungi," tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT