Pemerintah Bakal Lanjutkan Program Kerja Sama dengan IFAD di Indonesia Timur

| Kamis, 27/06/2024 18:18 WIB
Pemerintah Bakal Lanjutkan Program Kerja Sama dengan IFAD di Indonesia Timur Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sepakat melanjutkan program-program yang sudah dilakukan di Indonesia Timur.

“Kalau ini enggak lanjut akan ada beberapa dampak negatif. Sudah ada sekian ribu kepala keluarga yang sudah berproses, ada sekian ratus pendamping yang sudah melakukan kerja pendampingan dengan bagus,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam rilisnya, Kamis, 27 Juni 2024.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, keberhasilan atas program tersebut yang menyasar pada ketahanan pangan serta peningkatan gizi dan pendapatan keluarga masyarakat pedesaan di Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, hingga Papua Selatan.

“Jadi kalau kemudian enggak berlanjut pasti akan menimbulkan pertanyaan. Dampaknya banyak bahkan mengikis kepercayaan masyarakat pada program yang sudah kita rancang sedemikian rupa,” ucapnya.

Gus Halim menjelaskan bahwa kerja sama antara Kemendes PDTT dengan IFAD berakhir pada akhir 2024 seiring dengan pergantian masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendati demikian, ia menjamin transisi pemerintahan tidak akan mengganggu berlanjutnya program yang sudah membantu banyak masyarakat di Indonesia Timur tersebut.

“Kita jamin program IFAD akan jalan terus,” tukasnya.

Tags : Gus Halim , Kemendesa PDTT