Menaker Ida Tegaskan Instruktur Punya Kewajiban Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten dan Berdaya Saing

| Rabu, 26/06/2024 19:51 WIB
Menaker Ida Tegaskan Instruktur Punya Kewajiban Ciptakan Tenaga Kerja Kompeten dan Berdaya Saing Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keternagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menghadiri sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan Diseminasi Peraturan Jabatan Fungsional Instruktur, Pelatihan Inkubator Kewirausahaan Tenaga Pelatihan BLK Komunitas dan Public Speaking Instruktur Swasta, di Surabaya Jawa Timur, Selasa (25/6/2024) malam.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, instruktur mempunyai kewajiban utama dalam menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing. Menurutnya, tidak dapat dibayangkan apabila dinamika ketenagakerjaan yang bergerak sedemikian cepat tapi tidak diimbangi dengan kemampuan instruktur itu sendiri.

"Jika para instruktur tidak memiliki keahlian yang kompeten dalam mengikuti dinamika ketenagakerjaan ya percuma," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida menyampaikan bahwa instruktur merupakan motor penggerak utama dalam menciptakan tenaga kerja yang sesuai dengan pasar kerja, di mana perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut untuk tidak berhenti melakukan inovasi dengan meningkatkan kompetensi instruktur.

"Impian untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing ada di pundak bapak ibu semua," ujarnya.

Begitu juga soal public speaking, lanjut Menaker Ida, instruktur harus mempunyai kemampuan public speaking yang bagus sehingga segala pesannya tersampaikan dengan baik, "Saya ingin para instruktur mempunyai kemampuan public speaking yang bagus, sehingga dapat menyampaikan pesannya dengan jelas dan efektif,” tukasnya.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan