Perempuan Miliki Peran Penting dalam Majukan Ekonomi Berkeadilan

| Selasa, 25/06/2024 22:52 WIB
Perempuan Miliki Peran Penting dalam Majukan Ekonomi Berkeadilan Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan ekonomi Indonesia yang berkeadilan. Utamanya, bagi sebuah bangsa untuk memiliki fondasi ekonomi yang kuat dengan literasi keuangan sebagai pondasi utama dalam membangun kesejahteraan dan keadilan sosial.

“Ibu Kartini tahun 1890, beliau sudah bicara tentang literasi. Beliau sangat yakin bahwa perempuan yang diberikan akses untuk menjadi literate berarti mampu untuk mengakses informasi melalui membaca, sekolah, berinteraksi, maka perempuan itu akan mampu mendidik anak-anaknya menjadi lebih baik dan menciptakan peradaban yang lebih baik,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

Begitu juga tentang literasi keuangan, lanjut Menkeu Sri Mulyani, pembangunan ekonomi sebuah bangsa akan dapat terwujud secara optimal dengan partisipasi aktif dari masyarakat yang memiliki pemahaman yang baik mengenai keuangan.

“Khususnya bagi perempuan agar mampu mencapai kemandirian finansial dan melindungi diri dari risiko ekonomi,” imbuhnya.

Untuk itu, kata Sri Mulyani, Kementerian Keuangan sebegai pengelola keuangan negara mengambil langkah konkret dengan terus menggunakan instrumen keuangan negara untuk menciptakan literasi yang makin baik dan memberikan manfaat kepada perempuan di berbagai sektor. 

“Ini yang disebut anggaran yang responsif gender,” tukasnya.

Tags : Literasi Keuangan

Berita Terkait