Kemenhub Pastikan Kelancaran Proses Kepulangan Jamaah Haji Indonesia

| Jum'at, 21/06/2024 20:05 WIB
Kemenhub Pastikan Kelancaran Proses Kepulangan Jamaah Haji Indonesia Jemaah Haji Indonesia. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh proses kepulangan jamaah haji Indonesia dapat berjalan lancar, aman dan berkeselamatan. 

"Kemenhub siap mendukung kepulangan jamaah haji, baik dari sisi kesiapan sarana dan prasarana bandara debarkasi maupun kesiapan armada pesawat udara," kata Direktur Angkutan Udara DJPU Kemenhub, Putu Eka Cahyadhi saat mengikuti Rapat Koordinasi bersama Kementerian Agama terkait Persiapan Pelaksanaan Phase II Kepulangan Jamaah Haji 2024 di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Rapat yang dipimpin Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab membahas persiapan angkutan kepulangan jamaah haji 2024, yang akan dilaksanakan mulai 22 Juni-22 Juli 2024.

Dalam rapat tersebut, Putu menyampaikan bahwa pihaknya juga akan memastikan kesiapan armada pesawat udara yang digunakan baik Saudia Airlines (SV) dan Garuda Indonesia (GA) serta meningkatkan pengawasan pemenuhan dalam aspek safety, security dan services bagi kepulangan jamaah haji.

Dia mengungkapkan, DJPU Kemenhub sudah menerbitkan izin penyesuaian bagi GA terkait perubahan kepulangan 19 kelompok terbang (kloter) yang seharusnya dari bandara di Madinah menjadi bandara di Jeddah. Sehingga nantinya keberangkatan dari bandara di Madinah menjadi 49 kloter. 

Secara terpisah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M. Kristi Endah Murni mengatakan bahwa kesiapan sarana dan prasarana 13 bandara debarkasi dalam kondisi baik dan siap untuk menerima kepulangan jemaah haji.

Kristi mengaku bahwa pihaknya berkomitmen untuk memastikan seluruh proses kepulangan jamaah haji dapat berjalan lancar dan aman.

Tags : Kemenhub RI , Jamaah Haji , Indonesia , Kepulangan